Monday, August 13, 2007

Promosi Doktoral 12 September


Semakin dekat hari H semakin tegang pikiranku. Disertasiku akan diuji dalam forum yang disebut promotie pada 12 September 2007 di Universitas Leiden. Akan hadir ahli-ahli sejarah pra-kolonial dan kolonial Universitas Leiden semacam Prof J.L. Blusse (promotor), G.J. Knaap (co-promotor), Prof F. Gaastra dan J. Th. Lindblad. Tamu istimewanya Prof B. Arps (pusat studi Asia Tenggara Universitas Leiden), D. Henley (KITLV), dan Prof P. Spyer (Antropologi Sosial Universitas Leiden). Sebagai opponent: Ch. F. van Fraassen yang ahli Maluku Utara. Prof. W. Remmelink akan hadir sebagai tamu kehormatan di ujian itu. Oleh karena kehadiran orang-orang ini, saya punya alasan untuk menganggap momen ini sangat istimewa. Yang juga bikin istimewa adalah kehadiran dua sobatku J. Timmer (antropolog ahli Papua) dan Alicia Schrikker (sejarawan muda ahli Srilangka) akan menjadi paranims.

Sebagian dari mereka, terutama opponent akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Apa yang akan aku katakan dan apa yang terjadi di ruangan ini pasti tidak akan terlupakan. Sebagai tradisi akademik Universitas Leiden, promosi ini merupakan formalitas tapi menentukan. Proses berat sesungguhnya sudah dilewati melalui pembacaan oleh promotor, co-promotor, dan referent. Forum ini akan menentukan status lulusan kita, suma cumlaude, cumlaude atau biasa-biasa aja. Status itu tidak terlalu penting, tapi apa yang akan terjadi setelah lulus jauh lebih penting.

Disertasi ini bicara tentang hubungan orang Maluku dan Papua di akhir abad 18 dan awal abad 19. Persisnya tentang orang-orang Tidore, Raja Ampat (Salawati, Waigeo, Waigama, dan Misool), Fakfak-Kaimana, Seram Timur dan Seram Laut, Halmahera Utara (Tobelo, Tobaru dan Galela) dan orang-orang Inggris yang terlibat langsung dan tidak langsung dalam pemberontakan Pangeran Nuku dari Tidore. Secara tidak langsung, kalau anda baca, hubungan sosial ekonomi politik orang-orang Papua pantai dengan Maluku Utara (terutama Tidore) terjadi sangat intensif sejak lama.

Pada 2002 aku setahun ikut kuliah persiapan, bahasa, metode, dan kuliah lainnya, termasuk proposal doktor. Empat tahun disertasi ini ditulis, dari 2003-2006. Setelah itu, sepanjang Januari hingga Juli 2007 aku lebih banyak tinggal di Jakarta untuk menunggu jadwal promosi. Pada 31 Juli lalu aku berangkat ke Leiden untuk persiapan. Rupanya banyak juga yang harus disiapkan. Proses itu dimulai dengan mulai mengisi Form 1 menyangkut kepastian tanggal promosi hingga Form VI menyangkut penyerahan disertasi dalam bentuk digital file. Belum lagi menentukan undangan, restoran, cari dana, dan sebagainya.

Jadi 12 September itu akan menjadi upacara puncak dari program doktor selama 5 tahun yang lumayan melelahkan, membosankan, tapi juga nikmat. Harapannya sih, aku akan lebih produktif dan lebih intens menulis di tahun-tahun mendatang. Fokusnya tetap Maluku-Papua, atau Indonesia Timur secara umum.

4 comments:

Anonymous said...

Selamat menunggu hari H itu. Salam juga buat Mas Margono. Semoga saya segara menyusul:)

Amin Mudzakkir
PSDR LIPI

aji, antrop-ui said...

good luck ya boss

prismono said...

Met deg2-an ya..... Tapi sukses kok. Warga Pondok Rajeg ikut membantu lewat doa

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA

PAKAR MUSTIKA