Sunday, September 16, 2007

Dua Gelas Muscadet untuk Ujian Doktor


Pada hari Rabu pagi, 12 September 2007, aku merasa grogi dan cemas bukan karena hari itu aku akan menjalani public defence untuk disertasi doktorku di Universitas Leiden. Tapi karena aku khawatir soal jumlah undangan, biaya resepsi Clusius Cafe Hortus Botanicus, persiapan makan malam di Kedutaan Besar RI, dan lain sebagainya. Aku tahu dua paranimku - Jaap dan Alicia - sudah mengurusnya dengan baik, tapi toh rasa cemas itu tetap kuat. Apalagi ditambah dengan rasa takut kalau-kalau aku tiba-tiba speechless di depan para komite ujian.

Siang jam 1, dua jam sebelum ujian, aku dan Jaap ke tempat penyewaan baju wisuda di Hoppezak. Setelah siap, kami santai di satu cafe untuk minum. Aku memang sengaja membawa sebotol muscadet yang dibawa Sandy dari Paris. Pelan-pelan aku habiskan dua gelas. Hasilnya terasa, aku menjadi lebih rileks. Rasa tegang jadi hilang. Sambil menunggu jam 3, aku, Jaap, Alicia, Sandy, dan Tri santai ngobrol. Sesaat menjelang jam 3, kami berjalan tenang menuju tempat ujian.

Detik-detik terakhir aku melangkah masuk ke ruang ujian dengan rileks dan percaya diri. Pertanyaan pertama dari Dr Fraassen membuatku pusing bukan karena susah tapi karena lafal Inggrisnya tidak jelas. Pertanyaan kedua dari Prof Spyer, lalu Prof Gaasstra, Dr Henley, Prof Remmelink dan lain-lain kurang lebih dapat aku jawab dengan tidak ngawur. Secara keseluruhan, orang-orang yang hadir bilang, you did it very well, Muridan. Oke, lumayan.

Tapi ini pengalaman penting. Aku sudah membuktikan dua kali bahwa anggur (wine) sangat baik untuk meredakan ketegangan. Sepuluh tahun yang lalu ketika harus berdebat dengan banyak orang asing, aku terbantu satu setengah gelas red wine. Kali ini dalam ujian doktorku, aku terbantu oleh dua gelas kecil Muscadet. Ada yang mau coba?

2 comments:

Anonymous said...

ups sorry delete plz [url=http://duhum.com].[/url]

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>INFO KLIK DISINI<«« Wassalam






RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA

PAKAR MUSTIKA